BERITA

Musrenbang RKPD 2020 Tahun 2019 Kabupaten Musi Rawas Utara

21 Maret 2019 02:27 Administrator 625 kali dibaca
Tanggal Agenda : 21 Maret 2019
Waktu : 17.00

Alhamdulillah Musrenbang RKPD 2020 Kabupaten Musi Rawas Utara telah dilaksanakan dgn lancar dan sukses, 
pada tanggal 20 Maret 2019,
Dengan Tema : Pemerataan Pembangunan untuk Peningkatan Ekonomi Kerakyatan.
Hadir dalam acara Musrenbang Bpk. Nazarudin Kiemas anggota DPR RI, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara, kepala Bappeda Sarolangun Jambi, Sekretaris Bappeda Kota Lubuklinggau dan Ass. 3 Kabupaten Empat lawang, Unsur muspida, Prof. Dr. Ir. Fachrurrozie Sjarkowi, M.Sc, Endang Supriyadi Direktur Pelayanan Fasilitas Berusaha BKPM R, Ir. Hendrian, MT Sekretaris Bappeda Prov. Sumsel, Plt. Sekda, Asisten, Kepala OPD, Camat, Kades, Lurah dan instansi pemerintah se-Kabupaten Musi Rawas Utara, Ibu-Ibu PKK dan Dharma Wanita Kab. Musi Rawas Utara, Tokoh Masyarakat, Organisasi Pemuda serta Masyarakat kabupaten Musi Rawas Utara.

Di buka langsung Bupati Musi Rawas Utara H.M. Syarif Hidayat.
Dalam laporannya Kepala Bappeda Kabupaten Musi Rawas Utara Erwin syarif, ST.MT Menyampaikan Musrenbang ini bertujuan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan RKPD Kabupaten Musi Rawas Utara,
Mempertajam indikator kinerja Program dan kegiatan prioritas, menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas, mengklarifikasi usulan program yang diusulkan oleh kecamatan dan desa.

Erwin Syarif.ST.MT juga mengatakan Musrenbang di tingkat kecamatan mulai dari 11 – 20 Februari 2019, usulan yang disampaikan oleh kecamatan dan desa pada kegiatan musrenbang kecamatan berjumlah 1500 usulan dengan rincian 1.182 infrastruktur, 246 sosial budaya, dan 72 ekonomi.

Dalam sambutannya Bupati Musi Rawas Utara H.M. Syarif Hidayat menyampaikan, Capaian Pembangunan di Kabupaten Musi Rawas Utara pada tahun 2018 yaitu : Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Musi Rawas Utara secara umum sebesar 4,21 persen, IPM (Indeks Pembangunan Manusia) sebesar 63,18 persen, tingkat kemiskinan di Kabupaten Musi Rawas Utara sebesar 19,12 persen, untuk itu H.M. Syarif Hidayat meminta kepada forum OPD terus semangat bekerja keras dalam mengentaskan kemiskinan yg telah dibuktikan dgn laju penurunan kemiskinan dlm 2 tahun terakhir Kabupaten Muratara berada di urutan ke 5 dari 17 kabupaten/kota di Sumsel sebesar 0,88%, tentunya perlu komitmen yg kuat dari semua Stakeholder untuk menekan angka kemiskinan, paparnya. 

Bupati H.M. Syarif Hidayat juga menyampaikan Realisasi pembangunan di Kabupaten Musi Rawas Utara di bidang pendidikan telah dibangun 22 ruang kelas baru dan rehabilitasi 58 ruang kelas, termasuk alokasi anggaran program Sekolah Gratis dan Pengiriman sebanyak 360 Santri Tahfidz Qur’an ke beberapa Pesantren di Pulau Jawa dan Sumatera. Di bidang kesehatan telah dibangun 6 gedung Puskesmas rawat inap yang sesuai standar Kemenkes beserta peralatannya dan untuk menunjang pelayanan kesehatan, Bupati juga menerangkan Pemerintah Daerah telah melengkapi setiap Puskesmas dengan 12 mobil ambulance gratis bagi yg tdk mampu dan pusling serta 42 kendaraan roda dua untuk dipergunakan sebagai operasional pelayanan. Diterangkan juga oleh Bupati pada tahun 2019 akan dibangun gedung baru Rumah Sakit Rupit dan 2 Puskesmas yaitu puskesmas Rupit dan Karang Dapo,di bidang Infrastruktur jalan di tahun 2018 telah dibangun jalan poros (aspal / rigit) sepanjang 24,5 Km dan membangun 3 unit jembatan termasuk menyelesaikan jembatan di desa Biaro. Ditambahkan Bupati ditahun 2019 ini dibangun 13 jembatan permanen di Kecamatan Rawas Ulu, Ulu Rawas dan Rawas Ilir, untuk membantu masyarakat kurang mampu, di tahun 2018 telah telah direhabilitasi Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 116 unit dan penyediaan Anggaran untuk Integrasi Kartu Indonesia Sehat. 

H.M. Syarif Hidayat juga menyampaikan pada Tahun 2019 kita menyediakan anggaran untuk biaya rujukan pasien kurang mampu untuk membiayai ambulan dan petugasnya, alias gratis.
penyediaan sarana air bersih dan MCK sebanyak 39 unit, drainase di 72 lokasi dan pembangunan jalan pemukiman di 64 lokasi yang tersebar dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara. Di bidang Sosial dan HAM, telah di bangun fasilitas gedung, pendidikan, asrama dan kebutuhan hidup untuk anak-anak Suku Anak Dalam (SAD). Saat ini Mess Suku Anak Dalam telah menampung 102 anak.

Bupati juga menyampaikan prioritas pembangunan daerah tahun 2020, Pemerataan Pembangunan, Infrastruktur dan Peningkatan Kualitas dan Cakupan Pelayanan Dasar, Pengurangan Kemiskinan melalui Optimalisasi Potensi Lokal dan Peningkatan SDM, Stabilitas Keamanan dan Reformasi Birokrasi. Senada itu Bupati mengapresiasi kepada perusahaan/investor yang telah berkontribusi dalam membangun Kabupaten Musi Rawas Utara melalui CSR ucap Bupati.
Saya berharap agar kita tetap bekerja secara maksimal untuk mendukung prioritas nasional dan prioritas daerah.

Saya tegaskan kembali Musrenbang ini selain penajaman program prioritas pembangunan yg merupakan penjabaran dari dokumen RPJMD Kabupaten Musi Rawas utara 2016-2021, maka forum ini juga merupakan forum silahturahmi antar pemangku kepentingan baik dari desa, kecamatan dan kabupaten papar Bupati.