BERITA

RAPAT KOORDINASI STRATEGI DAN RENCANA AKSI PENURUNAN TINGKAT KEMISKINAN DAN PENINGKATAN IPM

18 September 2019 01:18 Administrator 9 kali dibaca
Tanggal Agenda : 18 September 2019
Waktu : 12.00

Menindaklanjuti target Gubernur Sumatera Selatan yaitu angka kemiskinan dibawah 1 (Satu) digit, maka Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara sangat fokus dalam upaya menurunkan tingkat kemiskinan dan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
Pada hari kamis tanggal 17 September 2019 pukul 09.00 WIB, diruang LT.3 Bappeda Musi Rawas Utara menggelar rapat koordinasi penyusunan strategi penurunan tingkat kemiskinan dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
Rapat tersebut sebagai tindaklanjut dari perjanjian kerjasama antara Kabupaten Musi Rawas Utara dan Universitas Musi Rawas dalam penyusunan strategi dan rencana aksi penurunan tingkat kemiskinan dan peningkatan IPM.
Rapat dibuka oleh Asisten 2, Ir.H. Suharto Patih, MM, yang dihadiri langsung Kepala Bappeda Erwin Syarif, ST.MT, Rektor Universitas Musi Rawas Prof.Dr.Ir.H. Fachrurrozie Sjarkowi, M.Sc., seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan staf Bappeda. Dalam sambutannya Asisten 2 menyampaikan tingkat kemiskinan Kabupaten Musi Rawas Utara tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan sehingga diperlukan percepatan pembangunan. Dalam mempercepat pembangunan diperlukan peran serta seluruh stakeholder dan kerjasama lintas sektoral.
Rektor Universitas Musi Rawas Prof.Dr.Ir.H. Fachrurrozie Sjarkowi, M.Sc. sebagai nara sumber memaparkan strategi dan rencana aksi yang akan dilakukan pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara untuk menurunkan tingkat kemiskinan dan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
Dalam paparannya beliau mengatakan perlu adanya gerakan nyata di lapangan untuk menekan angka kemiskinan dan meningkatkan IPM. Masyarakat harus memiliki penghasilan harian, bulanan serta tahunan sehingga masyarakat tidak hanya bergantung kepada sektor perkebunan karet dan kelapa sawit saja. Beliau juga mengatakan bahwa akan dibuat desa percontohan dengan adanya dempelot pertanian dan peternakan.
Pada kesempatan rapat tersebut Kades Batu Kucing Jidi Sioni mengatakan desa batu kucing siap untuk desa percontohan pembuatan dempelot pertanian tersebut dan sangat mendukung program Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara dalam mengembangkan perekonomian masyarakat desa.
Dalam kesempatan itu juga Kepala Bappeda Erwin Syarif, ST.MT., menyampaikan bahwa perlunya dukungan dan kerjasama antara masyarakat dan pemerintah daerah dalam pengentasan kemiskinan dan peningkatan IPM. Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara sangat fokus dalam upaya penurunan tingkat kemiskinan dan peningkatan IPM, hal ini dibuktikan dengan menggandeng akademisi dalam menentukan strategi dan rencana aksi yang dilakukan sehingga pembangunan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara dapat tepat sasaran.
Menuju Muratara Bangkit ????????