BERITA

"FORUM KONSULTASI PUBLIK" Rancangan Awal RKPD Kabupaten Musi Rawas Utara 2021

06 Februari 2020 03:16 Administrator 241 kali dibaca
Tanggal Agenda : 06 Februari 2020
Waktu : 09.00 - 12.00

Kamis, 06 Februari 2020 bertempat di Op Room Lantai II Gedung Sekretariat Daerah, Bupati Musi Rawas Utara membuka langsung acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2021, dihadiri oleh Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan Perbankan, Kepala Kemenag Musi Rawas Utara, Perwakilan Ormas dan Organisasi Pemuda diwilayah Kabupaten Musi Rawas Utara.

Bupati Musi Rawas Utara, HM. Syarif Hidayat dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan Kabupaten Musi Rawas Utara sedang berlangsung, bukan hanya pembangunan fisik tapi juga pembangunan non fisik. Rencana Pembangunan yang akan disusun harus terintegrasi, sinkron, sinergitas antar wilayah, antar ruang, antar waktu serta antar urusan pemerintahan dan stakeholders pembangunan daerah sehingga upaya menyelesaikan masalah dapat dilakukan secara terintegral dan komprehensif.
Bupati juga mengatakan Perangkat Daerah saya minta harus bekerja bersinergi mendukung tema dan prioritas pembangunan tersebut, tidak bekerja sendiri-sendiri, jauhkan ego sektoral. Semuanya bekerja dalam rangka mendukung visi-misi kita Bersama. Kepada pimpinan dan anggota DPRD, organisasi masyarakat dan pemuda, seluruh lapisan masyarakat, mari kita mensukseskan pembangunan supaya pembangunan dapat bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat luas”, tutupnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Musi Rawas Utara, Erwin Syarif, ST,MT dalam paparannya mengatakan bahwa Konsultasi Publik diatur oleh Permendagri 86 tahun 2017 Pasal 80 disebutkan bahwa rancangan awal RKPD dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan. menghimpun aspirasi dan harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah, Terutama untuk menjawab permasalahan-permasalahan pembangunan dan isu strategis yang terjadi saat ini.
Erwin Syarif juga menyampaikan Tema Kegiatan Forum Konsultasi Publik tahun 2021 adalah “ Pengentasan Kemiskinan Melalui Peningkatan Komponen Sumber Daya Manusia, Perekonomian Kerakyatan, Konektivitas dan Aksesibiltas Wilayah didukung oleh lima prioritas pembangunan yaitu (1) Penurunan kemiskinan dan Peningkatan kualitas kehidupan masyarakat melalui pembangunan pendidikan, kesehatan serta sarana dan prasarana dasar masyarakat, (2) Penguatan sektor unggulan melalui peningkatan nilai tambah ekonomi masyarakat dan pembangunan SDM,
(3) Percepatan pertumbuhan wilayah melalui peningkatan infrastruktur dan konektivitas yang berkualitas, (4) Meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan manajemen kebencanaan, dan (5) Stabilitas Keamanan dan Percepatan reformasi birokrasi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik. “Acara ini Diharapkan dapat menjaring aspirasi terhadap rumusan tema RKPD dan menghimpun aspirasi para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan serta dapat menghasilkan pedoman bagi seluruh perangkat daerah dalam penyusunan rencana kerja (renja) bagi perangkat daerah” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Rektor UNMURA, Prof.Dr.Ir.H. Fachrurrozie Sjarkowi, MSc tentang Informasi Lapangan sebagai bahan pertimbangan RKPD Kabupaten Musi Rawas Utara 2021 dan
Ir.Elly Suryani, M.Si dari Bappeda Provinsi Sumsel, yang membahas tentang Rancangan Prioritas Pembangunan Provinsi Sumsel yang harus sinkron dan sinergis dengan Proritas Daerah.
Acara dilanjutkan dengan Diskusi yang dipimpin oleh Asisten II, Ir. Suharto, MM dan Diakhiri dengan Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan.

#Menuju Muratara Bangkit ????????