BERITA

FORUM PERANGKAT DEARAH 2022

10 Maret 2021 06:47 Administrator 136 kali dibaca
Tanggal Agenda : 10 Juni 2021
Waktu :

Hari ini rabu 10 maret 2021 telah dilaksanakannya pembukaan FORUM PERANGKAT DEARAH 2022.

Di Oproom lantai II setda Kabupaten Musi Rawas utara.

Yang dibuka oleh Wakil Bupati Musi Rawas Utara H. Inayatullah, dihadiri Sekda, Asisten 1 dan 2, Kepala Bappeda serta seluruh Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Musi Rawas Utara.

Dalam sambutannya H. Inayatullah menyampaikan, sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta, Pedoman Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Perangkat Daerah pada Pasal 84 disebutkan bahwa rancangan awal rencana perangkat daerah dibahas bersama dengan pemangku kepentingan dalam forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah untuk memperoleh saran dan pertimbangan. Forum Perangkat Daerah ini merupakan forum pemangku kepentingan untuk membahas usulan program kegiatan prioritas hasil dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan dengan rancangan Rencana Kerja (Renja) masing-masing Perangkat Daerah.

Forum ini merupakan bagian dari tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah untuk menentukan Prioritas Kegiatan Pembangunan yang dituangkan dalam Rencana Kerja atau Renja Perangkat Daerah dan bermuara pada Rencana Kerja Pemerintah daerah atau RKPD.

Forum Perangkat Daerah yang dilaksanakan dalam 3 hari ini saya nilai sangat penting dalam membahas usulan Kecamatan dan mempertajam Rencana Kerja Badan /Dinas/Kantor/Bagian, di samping memenuhi tuntutan pendekatan aspek perencanaan sesuai perundangan berlaku, juga akan membuat Perencanaan Pembangunan semakin terarah, terukur, dengan memperkuat indikator kinerja setiap program/kegiatan dan menetapkan target capaiannya yang jelas serta logis dan mampu dilaksanakan, baik pencapaian target tahunan maupun jangka menengah lima tahunan.

Perlu kami ingatkan pesan Wakil Bupati kepada pihak Camat dan pihak Badan/Dinas/Kantor/Bagian bahwa pembahasan pada Forum Perangkat Daerah ini menentukan Prioritas Kegiatan Pembangunan Tahun Anggaran 2022, harus mempertimbangkan dan diselaraskan dengan Arah Pembangunan dan Fokus pada Sasaran Pembangunan Tahun 2022 yang diindikasikan di dalam Rancangan RPJMD 2021-2026 yang akan disusun dimana sesuai Visi Kabupaten Musi Rawas Utara yaitu MEWUJUDKAN CITRA MUSI RAWAS UTARA BERHIDAYAH dengan Misi :

Meningkatkan daya saing melalui pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan berbasis potensi sumber daya alam berwawasan lingkungan dan kearifan lokal didukung infrastruktur yang merata.

Meningkatnya kualitas sumber daya manusia yang berakhlak, toleran dan harmoni berdasarkan Pancasila

Meningkatkan tata Kelola pemerintahan yang cerdas, inovatif, transparan, responsive dan akuntabel.

Erwin Syarif, ST. MT dalam paparannya menyampaikan forum RKPD 2022 dengan tujuan membahas program prioritas hasil musrenbang tingkat kecamatan dengan perencanaan rencana kerja (renja) masing-masing OPD.

Mensinkronkan dan mengklarifikasi terhadap usulan prioritas dari desa/kelurahan hasil didanai oleh APBD.

Mempersiapkan program dan kegiatan yang terintegrasi dalam penyelesaian masalah pembangunan.

Erwin juga menambahkan kebijakan umum penyusunan RKPD 2022 mulai dari tata cara penyusunan menggunakan kaidah dalam Permendagri nomor 86 tahun 2017, untuk nomenklatur dan sistem kodefikasi program/kegiatan/subkegiatan mengacu pada Permendagri 90 Tahun 2019 dan pemutakhirannya pada Kepmendagri Nomor 50 tahun 2020.

Terintegrasi antara sistem apklikasi perencanaan, penganggaran, penatausahaan sampai dengan pelaporan.

Mempertimbangkan hasil evaluasi kinerja RPJMD periode sebelumnya, memperhatikan konsistensi kinerja perencanaan sampai dengan kinerja penganggaran serta adanya keselarasan antara dokumen perencanaan.

Mengutamakan penggunaan aplikasi SIPD dalam manajemen pemerintahan dan pembangunan daerah, dalam 3 hari kedepan dilanjutkan dengan pembahasan usulan dan rencana kegiatan perangkat daerah 2022 sesuai dengan prioritas visi misi Bupati dan Wakil Bupati 2021 -2026, imbuh erwin